Kurikulum





📗Muatan Kurikulum

Muatan kurikulum berisi program-program pengembangan, yang terdiri dari: (1) program pengembangan nilai agama dan moral, (2) program Pengembangan fisik motorik, (3) program pengembangan kognitif, (4) program pengembangan bahasa, (5) program pengembangan sosial-emosional, dan (6) program pengembangan seni. Program pengembangan dimaksud adalah perwujudan suasana belajar untuk berkembangnya perilaku, kematangan berpikir, kinestetik, bahasa, sosial emosional, dan bahasa melalui kegiatan bermain. Suasana belajar diartikan segala sesuatu yang dapat mendorong minat anak untuk belajar. Anak dapat belajar dengan baik apabila :
Orang-orang yang ada di sekitarnya menyenangkan. Guru yang ramah, memperlakukan semua anak secara adil, teman bermain yang saling menerima, komunikasi yang hangat, terbuka, santun, dan terjadi dua arah.
Lingkungannya menyenangkan. Tersedia alat main yang memadai, bersih, tertata dengan tepat sesuai dengan pertumbuhan fisik anak, dan dapat digunakan oleh anak sesuai dengan pikirannya. Luas tempat di dalam dan di luar cukup untuk anak dapat melakukan kegiatan dengan nyaman adalah pijakan lingkungan yang sangat mendukung kebebasan anak berkreasi.
Proses pembelajaran yang mendukung kebebasan berpikir, tanpa tekanan,sedikit instruksi dan pembatasan dari guru. Guru memberi respon yang tepat saat anak bertanya, memberikan penguatan disaat anak menemukan sesuatu/berhasil melakukan sesuatu, memberikan bantuan saat anak memerlukan.

📗Strandar Tingkat Perkembangan Anak

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi perkembangan anak yang mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.

a. Nilai-nilai agama dan moral
Mengenal agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama, dan menghormati (toleransi) agama orang lain. 

b. Fisik Motorik
Motorik Kasar: memiliki kemampuan gerakan tubuh secara terkoordinasi, lentur, seimbang, dan lincah serta mengikuti aturan.
Motorik Halus :      memiliki kemampuan menggunakan alat untuk  ngeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam berbagai bentuk.
Kesehatan dan Perilaku Keselamatan: memiliki berat badan, tinggi badan, lingkar kepala sesuai usia serta memiliki kemampuan untuk berperilaku hidup bersih, sehat, dan peduli terhadap keselamatannya.

c. Kognitif
Belajar dan Pemecahan Masalah: mampu memecahkan masalah sederhana   dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima social dan menerapkan pengetahuan atau  pengalaman  dalam konteks yang baru.
Berfikir logis: mengenal berbagai perbedaan, klasifikasi, pola, berinisiatif,   berencana, dan mengenal sebab akibat.
Berfikir simbolik: mengenal, menyebutkan, dan menggunakan lambang bilangan 1-10, mengenal abjad, serta mampu merepresentasikan berbagai benda dalam bentuk gambar.

d. Bahasa
Memahami (reseptif) bahasa: memahami cerita, perintah, aturan, dan menyenangi serta menghargai bacaan.
Mengekspresikan bahasa: mampu bertanya, menjawab pertanyaan, berkomunikasi secara lisan, menceritakan kembali apa yang diketahui.
Keaksaraan: memahami hubungan bentuk dan bunyi huruf, meniru bentuk huruf, serta memahami kata dalam cerita

e. Sosial-emosional
Kesadaran diri: memperlihatkan kemampuan diri, mengenal perasaan sendiri dan mengendalikan diri, serta mampu menyesuaikan diri dengan orang lain.
Rasa tanggung Jawab untuk Diri dan Orang lain: mengetahui hak haknya, mentaati aturan, mengatur diri sendiri, serta bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan sesama.
Perilaku Prososial: mampu bermain dengan teman sebaya, memahami perasaan, merespon, berbagi, serta menghargai hak dan pendapat orang lain; bersikap kooperatif, toleran, dan berperilaku sopan.

f. Seni
Mengeksplorasi dan mengekspresikan diri, berimaginasi dengan gerakan, musik, drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan), serta mampu mengapresiasi karya seni.

📗Muatan Kurikulum Terpadu

1. Tauhid/Aqidah
2. Akhlaq & Adab
3. Fiqih
4. Tarikh
5. Hafalan Qur'an Juz 30
6. Hafalan Hadits Akhlaq & Adab
7. Hafalan Wirid & Doa-doa
8. BTQ dengan metode YANBU'A

📗Sentra

- Sentra IMTAQ
- Sentra Persiapan
- Sentra Seni & Kreatifitas
- Sentra Bermain Peran
- Sentra Bahan Alam

📗Program

- Jurnal pagi
- Literasi
- Senam pagi
- Sholat Dhuha
- Jum'at Sedekah
- Menu sehat & DDTK
- Outing Class
- Parenting Bulanan
- Terapi anak


0 komentar:

Post a Comment